Minggu, 25 Juli 2010

teori asal anorganik minyakbumi

- teori alkali panas dengan CO2
berthelot adalah seorang ahli kimia perancis yang pada tahun 1866 mengajukan hipotesa yang menarik perhatian.ia memulai dengan suatu perkiraan atau anggapan bahwa didalam bumi terdapat logam alkali dalam keadaan bebas dan tentunya pada temperatur yg tinggi.
- teori karbida panas dengan air
mendeleyeff seorang kimiawan uni soviet di abad ke-19,beranggapan bahwa didalam kerak bumi terdapat karbida besi.air yang masuk kedalam kerakbumi membentuk hidrokarbon yang menjadikan minyakbumi.
- teori emanasi volkanik
asal volkanik minyakbumi,mula-mula sekali diketemukan oleh von humboldt pada tahun 1805,kemudian dikembangkan oleh sarjana lainnya seperti Virlet d' Aoust (1934), Silvestri (1877-1882),dan terutama dikemukakan oleh Coste (1903). Teori ini mula-mula didasarkan atas pengamatan yang mengirakan bahwa gunungapi lumpur merupakan gunungapi dalam arti yang sebenarnya.
- hipotesa kimia
teori anorganik hidup kembali pada tahun 60an,terutama di Uni Soviet. Pada tahun 1974 teori ini dikemukakan lagi secara lebih praktis oleh Porfir'ev. Dinyatakan bahwa dibawah kerak bumi terdapat suatu kombinasi antara air,grafit dan sulfida besi yang bertindak sebagai suatu baterai yang besar, dengan grafit bertindak sebagai penyalur aliran listrik.
- hipotesa asal kosmik
sebetulnya tidak ada garis batas yang jelas yang membedakan hipotesa asal kosmik dengan hipotesa yang lainnya yg menyangkal bahwa zat organik memegang peranan dalam terbentuknya hidrokarbon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar